https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
Penerapan Media Digital Mitigasi Bencana Alam (Magic) Dalam Model Pembelajaran Mind Mapping | Istikomah | Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)

Penerapan Media Digital Mitigasi Bencana Alam (Magic) Dalam Model Pembelajaran Mind Mapping

Lailatul Istikomah, Mei Fita Untari, Asep Ardiyanto

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pemahaman peserta didik disekitar lereng gunung merapi  akan materi mitigasi bencana alam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan Media Digital Mitigasi Bencana Alam (MAGIC) dalam model pembelajaran Mind Mapping  pada peserta didik kelas V SD N Kaliurang 02 Kabupaten Magelang.  Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra-Experimental Designs (nondesigns) dengan menggunakan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas V SD N Kaliurang 02 Kabupaten Magelang. Teknik pengumpulan data melaui tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas awal, uji normalitas akhir, uji ketuntasan belajar dan uji-t. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test dan diperoleh Ha diterima sehingga Penerapan Media Digital Mitigasi Bencana Alam (MAGIC) dalam model pembelajaran mind mapping efektif pada peserta didik kelas V SD N Kaliurang 02 Kabupaten Magelang


Keywords


media digital; mitigasi bencana; mind mapping

Full Text:

PDF

References


Desmita. 2017. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Daryanto dan Karim, Syaiful. 2017. Pembelajaran ABAD 21. Yogyakarta : Gava Media

Masykur, Rubhan, dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika vol. 8, No. 2, Hal 177–186.

Muhasim. 2017. Pengaruh Tehnologi Digital, Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan Volume 5, Nomor 2.

Rusilowati, A, dkk. 2012. Mitigasi Bencana Alam Berbasis Pembelajaran Bervisi Science Environment Technology And Society. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 51-60.

Samita, Nevi. 2018. Penerapan Metode Mind Mapping Dan Media Audio Visual Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya. Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Jakarta.

Untari, Mei Fita Asri, dkk. 2018. Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam di Sekolah Dasar Lereng Gunung Merapi: Kajian Deskriptif di SD Negeri Jeruk Agung Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang. Prosiding Seminar Nasional PGSD UPGRIS




DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.